Monday 30 September 2013

Wisata Keraton Jogja



Wisata keraton Jogja saat ini menjadi ikon pariwisata bertemakan budaya paling wajib dikunjungi, Kraton Kasultanan Ngayogyakarta dikenal masyarakat sebagai Keraton Jogja. Wisata Keraton Jogja sebuah pusat kebudayaan yang mempunyai berbagai macam koleksi kebudayaan jawa, dimana di dalam kawasan ini terdapat Museum hidup masyarakat Jawa yang berada di Jogjakarta. Saat ini bukan hanya sebagai tempat wisata keraton jogya, melainkan juga menjadi tempat tinggal raja beserta keluarga. Wisata Keraton Jogja juga memberikan berbagai macam pelajaran yang berhubungan langsung dengan budaya Jawa, dimana budaya jawa selalu di lestarikan serta di jalankan setiap harinya di Keraton Jogya ini.

Saat berkunjung ke Keraton Jogya ada baiknya anda berkunjunga saat pukul jam 08.00 – 14.00 WIB karena jam tersebut merupakan jam buka Wisata Keraton Jogja untuk para pengunjung. Sedangkan secara geometri Keraton Jogya menghubungkan dua objek wisata lainnya yaitu Pantai Parang Tritis serta Gunung Merapi. Mempunyai dua pintu masuk yaitu pada bagian Utara yang terletak berdekatan langsung dengan alun – alun utara atau biasa disebut dengan Tepas Keprajuritan dan hanya bisa menikmati Bangsal Pagelaran serta Siti Hinggil, sedangkan bagi Anda yang menginginkan masuk melaluyi Tepas Pariwisata maka disini akan didapati Kompleks Sri Manganti dan Kedathon, dimana pada kawasan Kedathon terdapat Bangsal Kencono yang merupakan bangunan utama kerajaan.

Untuk tiket masuk kedua loket tersebut pun berbeda jika masuk melalui Tepas Keprajuritan Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,- sedangkan jika masuk melalui Tepas Keprajuritan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- dan akan dikenakan biaya tambahan ijin untuk menggunakan kamera sebesar Rp 1.000,-. Daftar acara yang bisa Anda lihat jika mengunjungi Keraton jogya :

1.       Hari Senin - Selasa adalah musik gamelan yang dimulai jam 10.00 WIB.
2.       Hari Rabu Wayang Golek yang dimulai jam 10.000 WIB.
3.       Hari Kamis pertunjukan Seni Tari yang dimulai jam 10.00 WIB,.
4.       Hari Jumat Macapat yang dimulai pada jam 09.00 WIB
5.       Hari Sabtu Wayang Kulit yang dimulai jam 09.30 WIB
6.       Minggu Wayang Orang yang dimulai jam 09.30 WIB

Acara tersebut memang disediakan untuk Anda yang ingin menikmati kebudayaan jawa dengan mengunjungi tempat Wisata Keraton Jogya. Dengan menjunjung tinggi kebudayaan Keraton Jogya tetap menjaga serta melestarikan kebudayaan yang juga merupakan sebuah peninggalan dari leluhur mereka.


EmoticonEmoticon