Friday 18 October 2013

Wisata Budaya Jogja



Wisata budaya Jogja memang sudah dikenal masyarakat luas sebagai salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di kota Jogya. Daerah yang masih kental dengan budaya Jawa ini memang banyak sekali menyuguhkan tempat wisata budaya Jogya, karena banyaknya tempat wisata maka ada beberapa rekomendasi yang dapat Anda kunjungi jika menginginkan berkunjung ke objek wisata budaya Jogya. Beberapa diantaranya adalah Museum Batik Sulaman Jogya dan Pagelaran Keraton Jogya serta masih banyak lagi lainnya yang merupakan objek wisata budaya Jogya.

1.       Museum Batik Sulaman Jogya
Museum yang digunakan sebagai salah satu tempat dalam melestarikan seni batik serta sebagai salah satu pusat pengelolaan tradisi berpakaian. Museum batik  Yogya ini berkeinginan memberikan sebuah pembelajaran kepada generasi muda dalam budaya yang dikemas sebagai objek wisata tentang seni Batik. Batik sendiri merupakan salah satu kebudayaan dalam berpakaian asli Indonesia, beberapa koleksi yang ada di museum ini pun sudah sangat berumur. Seperti Kain Panjang Soga Jawa, Kain Panjang Soga Ergan, Sarung Isen Isen antik serta masih banyak lagi koleksi batik yang merupakan peninggalan kebudayaan pada jaman dahulu. Disini pun kita tak hanya cukup melihat saja, bagi anda yang mempunyai waktu luang dan ingin belajar bagaimana cara membuat batik sudah terdapat fasilitas untuk mencoba membuat batik sendiri. Jasa ini dikelola langsung oleh pihak museum serta bagi Anda yang ingin belajar batik waktu kursus membatik akan disesuaikan dengan Anda.

2.       Pagelaran Keraton Jogya
Sebuah tempat yang merupakan tujuan wisata dalam melihat pentas seni tari bahkan pentas seni wayang, dimana setiap pentas yang diadakan mempunyai waktu yang berbeda. Bahkan wayang kulit juga sering dipentaskan ditempat ini. Memang kawasan yang berada di komplek keraton Jogya ini sering dijadikan salah satu tempat wisata serta tempat untuk belajar budaya dan sejarah tentang Keraton Jogya.

Dua tempat wisata budaya Jogya diatas memang sangat banyak diminati para pelancong yang hendak belajar tentang kebudayaan sejaligus berwisata untuk melepas penat setelah menjalankan aktivitas pekerjaan yang padat dan sering kali juga membosankan. Wisata Budaya Jogya memang menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin berbudaya sekaligus berlibur.


EmoticonEmoticon